Selamat Datang di blog DPRa PKS Bendan Duwur, Gajahmungkur, Semarang

Buku Tamu

Rabu, 31 Oktober 2012

Masyarakat Menjadi Saksi PKS


Masyarakat Menjadi Saksi Tadhiyah Ikhwah PKS Bali



Ketika Ambulan Datang Sore Itu

Saat menjelang lebaran Idul Fitri kemarin bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 2012 yang lalu, ada tetangga saya yang sekaligus masih saudara meninggal di Bali.

Ba'dha Ashar para pelayat sudah menunggu kedatangan jenazah di rumah duka yang diperkirakan datang sore itu. Selama tinggal di Bali, almarhum memang jarang pulang ke Solo karena katanya sering tidak ada dana untuk pulang. Beberapa lama menunggu, terdengar dari kejauhan suara sirine mobil ambulans.

Setelah ambulans tiba, saya langsung terkejut setelah melihat tulisan di mobil ambulans yang ternyata milik P2B PKS DPD Denpasar Bali. Para pelayat juga langsung heran dan berkomentar, "Ambulans dari PKS". Sebelumnya terdengar pembicaraan tentang mahalnya biaya bila mengirim jenazah dari Bali.

Dari dalam mobil, turunlah 2 ikhwan untuk menurunkan jenazah. Setelah selesai semua, ikhwah ini langsung mengambil air wudhu untuk shalat. Kebetulan lokasi takziyah bersebelahan dengan masjid. Keletihan terlihat di raut wajah mereka.

Selesai shalat, saya menghampiri mereka untuk sedikit berkenalan dan menanyakan ihwal sampainya ambulans PKS membawa jenazah dari Bali ke Solo. Singkat cerita, ikhwah yang mengatar jenazah ini tidak kenal dengan almarhum yg meninggal. Hanya saja diminta untuk mengantar dengan biaya seikhlasnya.

Ikhwah tadi menceritakan, agar jenazah segera tiba sesuai dengan jadwal harus menerobos kemacetan lalu-lintas padahal saat itu bertepatan dengan saat mudik lebaran. Juga harus mengebut di tengah kemacetan sampai-sampai sering dicegat polisi.

Belum lama berbincang-bincang, ikhwah tadi langsung pamit untuk kembali ke Bali. Sempat saya tawarkan untuk istirahat sebentar di rumah, tapi ikhwah tadi khawatir saat lebaran tidak bisa sampai di Denpasar, Bali. Dengan memohon doa untuk kelancaran perjalanan, ikhwah tadi berpamitan.

Subhanallah, satu hal yang sangat membekas di hati adalah pengorbanan (tadhiyah) yang luar biasa dari ikhwah tersebut. Tadhiyah untuk melayani umat meski tidak mengenal siapa yang dilayani.

Sore itu, masyarakat menjadi saksi tadhiyah ikhwah PKS Denpasar Bali dalam melayani umat. Semoga kita juga mampu serta istiqomah melayani dan membasis di tengah-tengah masyarakat. Sehingga dakwah ini semakin memberi banyak manfaat.

*penulis: Chambali (Ketua DPC PKS Pasar Kliwon Solo)
dari: pkspiyungan.org

0 komentar:

Posting Komentar

 

PKS TV

BEKERJA UNTUK INDONESIA

BEKERJA UNTUK INDONESIA

Dikelola oleh Pengurus DPRa PKS Bendan Duwur Semarang

Slide Gallery