Selamat Datang di blog DPRa PKS Bendan Duwur, Gajahmungkur, Semarang

Buku Tamu

Selasa, 14 Agustus 2012

Pengingat...#1



TENTANG SHALAT



Jama'ah Rahimakumullah, salah satu dari rukun islam yang pertama dan utama dan merupakan ibadah yang menonjol kita lakukan saat bulan ramadhan adalah perintah shalat, kultum kali ini mari kita mengingat-ingat lagi pelajaran yang mungkin sebagain besar dari kita sudah tahu...

kita ambil dari hadits-hadits Rasulullah yang pertama:

Sholat amalan yang pertama dihisab
“Pertama-tama yang di hisab atas setiap hamba pada hari kiamat adalah shalat. Apabila shalatnya baik maka baiklah seluruh amal perbuatannya, dan apabila shalatnya buruk maka buruk lah pula seluruh amal perbuatannya”. Hr. Imam Ahmad.

Abu Huroiroh ra. mengabarkan, Nabi Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Amal ibadah manusia yang pertama kali dihisab pada hari kiamat kelak adalah sholatnya. Allah Yang Maha Mengetahui bertanya kepada malaikat: ’Periksalah sholat hamba-Ku, sempurna ataukah ada kekurangan?’ Apabila sholatnya sempurna, maka dicatatlah sempurna. Sebaliknya jika ada kekurangannya, Allah berfirman: ’Periksalah apakah hamba-Ku itu memiliki amalan sholat sunnah?’ Kalau terdapat sholat-sholat sunnahnya, Allah memerintahkan: ’Cukupkanlah kekurangan sholat fardhu hamba-Ku itu dengan sholat sunnahnya." (HR. Abu Dawud)

yang kedua:
Sholat adalah tiang agama

Ibadah paling utama dalam Islam adalah mengerjakan sholat wajib, dan tidak ada ibadah lain yang dapat menandinginya. Mengerjakan sholat itulah yang membedakan antara seseorang itu beriman atau tidak. Jabir ra. menyatakan, Rosulullah saw. bersabda, "Batas antara seseorang dengan kekafiran, adalah meninggalkan sholat." (HR. Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud)

Buroidah ra. mengabarkan, Rosulullah saw. bersabda, "Perbedaan mendasar antara kami dengan mereka adalah sholat. Karena itulah barangsiapa meninggalkan sholat, berarti ia telah kafir." (HR. Ash-habus Sunan)

Larangan mengakhirkan waktu sholat

Ali ra. mengabarkan, Rosulullah saw. pernah bersabda kepadanya, "Hai Ali, tiga perkara janganlah engkau mengakhirkannya. Yaitu: sholat apabila tiba (waktunya); mengurus jenazah apabila telah sempurna (kematiannya), dan wanitajika telah menemukan pasangan yang sepadan dengannya. ” (HR. Tirmidzi)

Jama'ah rahimakumullah tadi itu adalah sebagian dari hadits-hadits Rasulullah tentang shalat.

ada seorang penyair yang bercerita tentang bumi yang menangis...bumi berkata setelah di tinggalkan bulan Ramadhan...bagaimana aku tidak menangis...dimana orang-orang yang di bulan Ramadhan beramai-ramai shalat berjamaah di masjid...dimana orang-orang yang di bulan Ramadhan menyegerakkan sedekahnya...dimana orang-orang yang di bulan Ramadhan dapat mengendalikan hawa nafsunya...kini aku ditinggalkan mereka...

semoga memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadhan ini kita bisa semakin meningkatkan kualitas ibadah kita terutama shalat...sehingga saat meninggalakan Ramadhan nanti masjid tetap ramai dengan jamaah yang shalat berjamaah...

sekian wa afuw minkum wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh

disampaikan saat kultum shalat tarawih hari ke-20 di Masjid Al Hidayah Bendan Duwur

0 komentar:

Posting Komentar

 

PKS TV

BEKERJA UNTUK INDONESIA

BEKERJA UNTUK INDONESIA

Dikelola oleh Pengurus DPRa PKS Bendan Duwur Semarang

Slide Gallery