Selamat Datang di blog DPRa PKS Bendan Duwur, Gajahmungkur, Semarang

Buku Tamu

Selasa, 18 Februari 2014

Layanan Posko PKS Kelud Mulai Dapur Umum, Kesehatan Hingga Trauma Healing

Trauma Healing PKS Dengar Curhat Pengungsi Kelud
 
 Letusan Gunung Kelud yang terjadi di malam hari dan mendadak, membuat para pengungsi kelabakan. Ditambah kondisi tempat pengungsian yang tentu saja kurang nyaman, sangat berpotensi menjadi pemicu trauma para pengungsi. Inilah yang melatarbelakangi Santika (Barisan Putri Keadilan) PKS Jatim untuk turun membantu meringankan beban melalui program trauma healing.

Sampai hari ini (17/2/2014) program ini telah digelar di 4 titik pengungsian, yaitu di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Desa Tawang, Kecamatan Wates dan Desa Kepung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Tidak kurang 16 relawan dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi  turut serta dalam program mulia ini. Ada dokter, perawat, guru, ibu rumah tangga, dan tentu saja psikolog.

Bentuk kegiatannya beragam. Mulai dari aneka permainan untuk anak-anak, dongeng, hingga mendengar curhat dan keluh kesah pengungsi, terutama ibu-ibu. Di setiap sesi, jumlah pesertanya sekitar 75-100 orang.

“Alhamdulillah, umumnya mereka sangat antusias dengan kehadiran kami. Apalagi sejak awal tim healing kami bekali tips-tips agar tidak ada jarak dengan mereka. Jadi suasana terbangun enjoy, seperti ketemu sahabat lama. Para pengungsi bisa curhat apa saja tentang kondisinya,” ujar Ketua Santika PKS Jatim, Immah Inayati.

Demikian pula dengan anak-anak. Aneka permainan dan dongeng  yang dibawakan tim nampaknya cukup bisa mengusir kesedihan mereka. “Untuk anak-anak sengaja kita pilihkan permainan dan cerita-cerita positif yang menguatkan jiwa mereka. Kami berharap kejadian yang berpotensi traumatik ini tidak berefek negatif untuk masa depan anak-anak,” lanjut alumni ITS ini.
 
Bagi PKS Jatim, program trauma healing ini merupakan salah satu dari aksi gerak cepat kader PKS untuk membantu para pengungsi erupsi Kelud. Sejak hari pertama pasca erupsi, PKS Jatim telah menurunkan tak kurang dari 300 kadernya di Kediri, Malang dan Blitar. “Fokus bantuan PKS pada pendirian dapur umum, layanan kesehatan dan trauma healing”, ungkap Hamy Wahjunianto, Ketua DPW PKS Jatim, ketika ditemui di lokasi pengungsian.

PKS, lanjut Hamy, sengaja menurunkan tim kader perempuan di lokasi bencana sebagai bentuk perhatian lebih pada permasalahan perempuan, anak-anak dan keluarga. “Apapun yang terjadi, kami ingin memastikan keluarga para pengungsi tetap terjaga kebahagiaannya. Dengan demikian, anak-anak lebih terjamin masa depannya,” pungkas Hamy Wahjunianto penuh harap. (@baihaqibaikhati).
 
Layanan Kesehatan Posko PKS untuk Korban Kelud

REKENING DONASI

Bagi yang mau donasi untuk bantuan korban gunung Kelud bisa transfer ke:

Bank Syariah Mandiri Norek 7009745399 a.n. PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KDR
(Konfirmasi ke Febri 085735383222)
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

PKS TV

BEKERJA UNTUK INDONESIA

BEKERJA UNTUK INDONESIA

Dikelola oleh Pengurus DPRa PKS Bendan Duwur Semarang

Slide Gallery